Memahami Teknologi Tinta DTG dan Printer DTG

Printer Direct to Garment Printing atau Printer DTG adalah salah satu metode dalam percetakan kain dimana digunakan printer khusus agar tinta langsung terserap ke bahan garment. Proses ini menggunakan printer hasil modifikasi dan tinta DTG yang diproses secara khusus. Dengan teknologi ini, Anda dimungkinkan membuat hasil cetakan dengan resolusi tinggi dan kualitas terbaik dari sumber berupa gambar vector maupun image langsung ke bahan garment yang digunakan. Segala macam bahan kaos bisa diproses dengan baik oleh teknologi ini. Selain itu, karena menggunakan tinta khusus untuk garment tentu hasil pencetakannya jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan hasil pencetakan dengan sablon digital. Jika pada teknologi sablon digital yang sering kita temui menggunakan media transfer paper yang kemudian di press ke garment, ada kemungkinan hasil sablonan tidak maksimal dan justru mudah terkelupas. Terutama jika ada ketidak sesuaian dalam bahan kaos yang digunakan dengan transfer paper yang dipakai. 


Kelebihan Penggunaan Tinta DTG
Salah satu kelebihan metode cetak dengan tinta DTG ini adalah prosesnya yang lebih cepat dan mudah, karena penggunaan media printer yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar proses bisa berjalan lancar dan proses printing berjalan maksimal. Teknologi ini merupakan sebuah terobosan baru bagi dunia printing yang mulai banyak diaplikasikan oleh vendor-vendor besar, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa metode ini merupakan pilihan yang tepat jika anda ingin memproduksi kaos dengan kualitas cetak terbaik dan dapat diproses secara cepat, namun dengan harga yang terjangkau.  Memang saat ini lebih banyak digunakan metode printing dengan sablon digital yang sebetulnya juga menghasilkan produk yang cukup baik, tapi salah satu kelemahan yang dirasa pada metode ini adalah dalam proses printing membutuhkan jumlah cetak minimal tertentu.
Web Directory All Sites Sorted PR8 Web Directory Computer Directory Evolving Critic Business Web Directory
Kelebihan lain yang terasa penting dari penggunaan teknologi ini adalah tidak adanya jumlah cetak minimal, karena dengan digunakannya teknologi ini pencetakan pada kaos satuan pun bisa dilakukan. Dengan ongkos produksi yang tidak besar tentunya hal ini jadi pilihan menarik karena kadang ada konsumen yang ingin mencetak desain kaosnya tapi hanya satuan saja dan dalam waktu yang singkat. Tentu harganya pasti akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kaos yang diproses dengan proses sablon pada umumnya. Namun, jika dibandingkan, hasil dari DTG printing ini lebih baik, selain seperti sudah dijelaskan sebelumnya bisa diproses secara lebih cepat.

Mengapa Memilih DTG?
DTG seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentu jadi alternatif menarik bagi anda yang memiliki usaha printing dan sablon kaos. Hasil cetakan dari tinta DTG akan lebih baik dibandingkan metode lain karena proses direct to garment yang diterapkan. Dengan teknologi ini, proses penyerapan kain akan lebih maksimal karena tidak menggunakan perantara lain (transfer paper atau menggunakan cetakan sablon). Tinta yang digunakan tidak seperti tinta yang umumnya digunakan untuk kertas atau transfer paper. Tinta untuk metode ini memiliki karakter yang cukup unik. Hasil akhirnya pun bisa lebih terang karena proses penyerapan yang terjadi secara langsung ke dalam kain. Efek lain yang dirasakan dari penggunaan metode ini adalah kaos hasil sablon lebih tahan ketika hendak dicuci maupun disetrika. Biasanya memang ada waktu yang dibutuhkan agar penyerapan tinta pada kaos lebih maksimal dan hasil sablonan tidak cepat luntur, tapi proses ini tidak akan memakan waktu yang lama.

Comments

Popular posts from this blog

Could Extra Sleep improve memory for people with Alzheimer's?

New Mechanism behind Alzheimer's Onset Identified

Tahapan Pra-Cetak dalam Proses Produksi Sablon Kaos